Kawasaki Tuxedo 110 SE, varian tertinggi dari keluarga Tuxedo.

Posted on 4 November 2011

21


Setelah barusan mengulas versi termurah dari keluarga Kawasaki Tuxedo’ nya Thailand, lagi-lagi saya akan langsung bahas versi termahal dari motor tersebut.

***

Masih ditahun peluncuran yang sama yakni 1995, pabrikan Kawasaki negeri Gajah Putih juga menawarkan paket spesial diluar paket Tuxedo yang ada. Maksudnya gimana tho? gini lho, divarian Tuxedo yang sudah saya ulas kemarin cumanlah varian biasa alias produk pasaran dimana part yang ada juga tidak special item. Jikapun ada produk Tuxedo yang dipasarkan dengan embel-embel SP itu hanya merupakan Special Product yang dicomot dari varian biasa kemudian dikasih opsi tambahan berupa velg cast wheel biar nampak seperti produk eksklusif.



Tapi untuk Tuxedo yang satu ini benar-benar berbeda dengan produk sebelumnya dan perlu dikatahui kalo motor ini benar-benar eksklusif luar dalam. Kenapa saya bilang seperti itu? karena part kompetisi macam buatannya PDK nempel dengan tepat dimotor bergenre ayam jago tersebut. Tengok saja macam blok silinder, velg cast wheel, peredam kejut alias shockbreker buritan, swing arm, dan terakhir silencer knalpot adalah benda special item yang nampak eksklusif bukan guna dipasangkan dimotor harian?

Untuk mempertegas kesan sporty dan menunjang estetika tampilan, permainan striping racy khas geng ijo nya Kawasaki juga dibalutkan disekujur body Tuxedo ini. Jadi jangan heran jikalau tulisan Special Edition yang tertempel mengandung makna berarti, bukan hanya produk pasaran yang dikasih livery racing biar mendongkrak angka penjualan semata melainkan produk yang benar-benar racy diluar balutan striping gagahnya.

Akan terasa memalukan jika sudah terpasang part kompetisi tapi performa yang dikeluarkan masih seperti produk varian termurahnya. Maka jangan heran jika di Tuxedo SE ini output yang dipereloh juga bisa bikin geleng-geleng kepala, walaupun dengan spek jeroan hampir sama dengan versi biasa tapi untuk urusan horsepower bisa dicatat! yakni dari 21.5 hp @ 8.500 rpm langsung terdongkrak menjadi 31 hp @ 8.500 rpm (Kadang saya sampai heran, ramuan apakah yang bisa mendoping tenaga sampai segede itu?). Tidak itu saja, untuk menegaskan kesan racy, perpindahan percepatan yang semula hanya menganut 4 speed juga kena upgrade menjadi 5 speed dengan pola perpindahan gigi menjadi 1-N-2-3-4-5 ala motor sport sejati. Ciamik bukan?!

Dan dari kesemuanya itu, akhirnya motor ini mampu memberikan persembahan terbaik buat negaranya yakni dengan mengondol juara pertama pada even Asia Pacific Road Racing kelas 100-125cc kelas tune-up tahun 1996 yang juga diadakan dinegara asalnya, Thailand.

Last itulah sedikit tulisan tentang produk yang benar-benar Special Edition seperti namanya yakni Kawasaki Tuxedo 110 SE. Mungkin sudah banyak pemerhati roda dua melupakan eksistensi keberadaan motor ini, maka untuk itu tidak ada salahnya jika motor-motor 2 tak eksotis lainnya macam Tuxedo SE ini akan saya ulas kedepannya. So tunggu aja deh artikel selanjutnya!

Demikian dari saya,

Salam.

************************************

Berhubung yang dibahas motor jadoel maka peragawati yang menemani juga dipilihkan dari tahun bahula juga, walopun motor buat photo sesionnya beda tapi ndak papa lah😀.