Suzuki TXR 150 Rr Gamma, produk pamungkas dari generasi TXR 150 negeri Jiran.

Posted on 3 December 2011

43


Masih ingat dengan artikel yang membahas tentang Suzuki Panther 150 beberapa waktu silam?

Oke, kali ini saya akan melanjutkan mengulas generasi ketiga atau akhir dari masa produksi Suzuki TXR 150 dinegeri Jiran, Malaysia, sana.

Setelah sukses dengan produk RG-V 150 SS atau kalau didalam negeri (Malaysia) dinamakan Suzuki TXR 150 R, dan juga mengeluarkan produk special edition bernama Suzuki TXR 150 Rr atau dengan nama lain Suzuki Shark (Jerung) pada kisaran tahun 92 sampai dengan 95, dulu pabrikan Suzuki Lions Malaysia meregenerasi motor berteknologi 2 langkah tersebut kembali keselera asal yakni cruiser sports.

Dipasar global dinamakan Suzuki RG-V 150 SS, sedangkan di Malaysia lebih dikenal dengan nama Suzuki TXR 150 R.

Produk edisi spesial (facelift) dari TXR 150 R, Suzuki Shark 150 atau dipasar lokal lebih dikenal dengan nama Suzuki Jerung yang berarti Hiu.

Terbukti motor yang diberi nama Suzuki TXR 150 R Gamma mendapat sambutan yang lumayan bagus dipasar domestik diawal peluncurannya tahun 96’an. Kenapa saya mengatakan produk pamungkas dari generasi RG-V 150 ini kembali keselera asal? karena konsep fairing yang selama dipakai dimotor generasi kedua nyatanya ditinggalkan, dan tercatat penggunaan model naked layaknya produk generasi pertama malah diaplikasikan kembali.

Suzuki TXR 150 Rr Gamma, generasi terakhir dari varian TXR 150 yang dijual diMalaysia.

Apakah ada yang berubah dari spek mesin TXR 150 R Gamma ini dibanding dengan pendahulunya? jawabnya tidak. Mesin masih mengandalkan dari pesona sang kakak yang sejak generasi pertama hingga akhir dirasa cukup mumpuni, apalagi dengan teknologi SSS (Suzuki Super Scavenging System) serta SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) memang masih terasa mencabar. Cuman, ini ada cumannya, sumber daya kelistrikan 6 volt yang dirasa sudah usang, kini diupgrade menjadi 12 volt layaknya motor modern kebanyakan.

Model kembali kekonsep awal yakni sport cruiser layaknya generasi pertama Suzuki RG-V 150 S atau lebih dikenal dengan nama Suzuki Panther 150 di Malaysia sana.

Perlu diketahui, Suzuki TXR 150 Rr alias Jerung atau Shark dan juga TXR 150 R Gamma bukan merupakan produk global macam prodesornya RG-V 150 S maupun RG-V 150 SS, kedua motor tersebut layaknya Suzuki RGR 150 versi buntut Crystal ataupun buntut Tornado buatan PT. Indomobil Indonesia yang hanya dipasarkan didalam negeri saja.

Dan akhirnya sama seperti produk RGR 150 versi buntut Tornadonya Indonesia, TXR 150 R Gamma juga mengalami tutup usia diakhir tahun 1997 sebelum akhirnya diregenerasi oleh keeksotisan FXR 150 yang dibekali mesin 4 langkah DOHC tersebut.

Motor yang membawa tongkat estafet kebesaran nama generasi RG-V 150, tak lain dan tak bukan, Suzuki FXR 150.

 

Demikian dari saya,

Salam.

**********************************************

Motor yang cantik secantik mbak Julie Ho dari negeri Jiran ini kan?šŸ˜€