Suzuki RG-125 Gamma, dari masa ke masa.

Posted on 9 December 2011

26


Boleh dibilang Suzuki RG-125 Gamma diawal masa peluncurannya tahun 84’an akhir, ditujukan untuk mendampingi kejayaan sang kakak yakni RGV-250 Gamma dimana motor ini terlebih dulu melenggang 2 tahun lebih awal dipasar JDM (Japanese Domestik Market), dan baru setahun kemudian menyusul dipasarkan kepublik Eropa.

Bisa dikatakan rentan produksi motor ini lumayan lama, hampir satu dekade’an. Dan juga sempat mengalami pergantian mode sebanyak dua era, yakni jaman 80’an hingga 90’an. Scoop pemasarannyapun terbilang luas, dari market domestik di Jepang sendiri, beberapa negera di Asia, hingga mampu menembus pasar Eropa. Memang tanpa alasan motor bertampang imut ini mampu menyihir enthusiast roda dua dimasanya, lantas kenapa bisa seperti itu? hal itu dipengaruhi salah satunya oleh power yang dihasilkan.


Untuk urusan power, RG-125 Gamma produksi dibawah tahun 92 atau boleh dikatakan sebagai generasi pertama hanya mampu menyemburkan tenaga 25 hp @ 9.000 rpm. Yeah! terbilang mumpuni untuk ukuran light bike dijamannya. Tapi ketika memasuki era 90’an, dimana Suzuki sempat berjaya diajang adu kebut bergengsi kelas GP, pihak prisipil pabrikan memutuskan untuk menurunkan teknologi MotoGPnya keproduk massal, termasuk pada RG-125 Gamma ini juga.

Jadi jangan heran ketika motor mungil berkubikasi 125cc single silinder ini mendapat ‘sentuhan khusus’ dan mampu menyemburkan power sebesar 33 hp @ 11.250 rpm. Terus apa saja yang dimaksud sentuhan khsus pada motor ini? tercatat banana swing arm, front upside-down fork, serta sasis yang menggendong mesinnya merupakan replika dari motor diajang kompetisi MotoGP kelas 125cc. Tidak itu saja, teknologi yang bernama AETC (Automatic  Exhaust Timing Control) juga sudah dijejalkan pada Suzuki RG-125 Gamma generasi kedua atau lebih terkenal dengan nama RG-125 seri F.

Sebenarnya, jika ditengok spesifikasi mesin antara produk generasi pertama dengan kedua tidak mempunyai perbedaan yang teramat jauh. Seperti tadi yang ditulis, motor ini berkubikasi 125 cc (bore x stroke = 56,0 mm x 50,6 mm) dengan teknologi 2 tak, liquid cooler, berpengkabut bahan bakar Mikuni VM 28 SS, 6 percepatan, dengan kompresi 7,4 : 1, serta otak kelistrikan menggunakan CDI dengan daya 12v.

Dan terakhir, ketika RG-125 F ini mulai diproduksi, pihak prinsipal juga mengembangkan produk berkubikasi 150cc dinegera Thailand dengan nama Suzuki RG-R 150 Gamma. Tapi tidak seperti produk 125cc nya yang mendunia, RG-R 150 Gamma hanya dipasarkan dibeberapa negara Asia saja.

Demikian dari saya,

Salam.

Appendix Picture.

Suzuki RG-125 Gamma tahun 1985.

Suzuki RG-125 Gamma tahun 1986.

Suzuki RG-125 Gamma tahun 1987.

Suzuki RG-125 F Gamma tahun 1988.

Suzuki RG-125 F Gamma tahun 1992.

Suzuki RG-125 F Gamma tahun 1993.

Suzuki RG-125 F Gamma tahun 1994.

Suzuki RG-125 F Gamma tahun 1995.

*********************************************************

Benar-benar motor yang cantik, secantik mbak Mihiro Tanaguchi😀.