Kawasaki Micro Magnum 80, si imut nan bertenaga.

Posted on 20 December 2011

51


Artikel ini masih ada kaitannya dengan tulisan yang sudah membahas motor berjuluk Baby Serpico dinegara asalnya sana, Thailand. Untuk lebih mengerti tentang motor ini diharapkan membaca artikel pertama terlebih dulu.

***

Terlahir ditahun yang sama dengan Magnum 80 LC, produk entry level dikelas 100cc ini memberi opsi lebih ke enthusiast bikers dimasanya. Kenapa saya bilang memberi opsi lebih? karena pihak pabrikan telah menawarkan sebuah produk murah dengan kwalitas yang bisa dibilang, diatas rata-rata motor sekelasnya.

Yup, benar, Kawasaki Micro Magnum 80 tanpa embel-embel LC (Liquide Cooler) telah memberikan senyum puas ke penikmat motor 2 langkah yang berkantong pas-pasan tapi kepingin motor dengan tampilan sporty. Apa maksud tanpa embel-embel LC tadi? motor ini memang sengaja dibuat tanpa pendingin cair untuk mereduksi panas yang dihasilkan mesin 1 silinder berkapasitas 80cc tersebut (bore x stroke = 47,0 x 45,8 mm). Seperti produk roda dua konvensional lainnya, karena mengejar segmen low-end, fitur yang kerap menempel diproduk kasta tinggi ini harus rela lengser. Maklumlah, mengejar efisiensi biaya produksi yang berimbas ke harga murah merupakan tujuan diproduksinya Micro Magnum 80.

Tapi harap diingat, walopun minim fitur radiator, motor dengan kode global AR-80 F ini mampu menyemburkan tenaga yang lumayan untuk berkomuter dalam kota, yakni 11,5 hp @ 8,750 rpm. Not bad kan? Selain dimanja dengan tampang sporty, soal spek mesin jangan ditanya lah, masih mirip plek dengan varian high-end nya. Dari karburator Mikuni VM18SS, kompresi 7,5 : 1, serta 6 percepatan.

Berbeda dengan si 80 LC, Micro Magnum ini harus puas tutup buku penjualan setahun lebih awal dibanding saudaranya dipasar Eropa sana. Sedangkan di Thailand sendiri ato khususnya market Asia, motor ini juga mengalami tutup penjualan sama dengan varian 80 LC, yakni tahun 1998 . Lagi-lagi dampak penerapan regulasi EURO 2 dinegara-negara terkait merupakan hal yang mengharuskan pihak pabrikan melakukannya.

Demikian dari saya,

Salam.

*********************************************************

Ndak salah kalo sayah bilang Kawasaki Micro Magnum ini terbilang menggemaskan, karena dimensinya yang memang imut tapi tenaganya juga lumayan nendang. Mungkin hal itu juga sama dengan si mbak cantik dibawah ini kalee ya? imut tapi tenaganya lumayan nendang😀.