100% Vespa Small Frame Balap.

Posted on 9 January 2012

38


Kalo dulu sayah uda pernah posting tentang modif sableng pemilik Small Frame yang dijejali mesin GSX 750, maka kali ini sayah akan mosting Vespa small frame 50cc dengan swap engine ala PX 200cc.

Sapa sangka kalo skuter underdog nyang punya julukan Small Frame ini mampu ngebuat keder penikmat kecepatan. Lha wong aslinya si semok asal Itali bernama Vespa 50cc, secara sengaja diberantakin ma rumah tunning di Belanda sana. Cerita punya cerita. Nih skuter emang disetting buat adu kebut ala gelaran one make race bebek tanah air, gitu. Tau nggak? kalo si small frame brutal ini diklaim bisa ngacir sampe 160 kph.

Bagemana critanya?

Yang namanya skuter buat balap, pastilah apapun akan dilakuin si empunya buat ngeraih kemenangan. Maka untuk itu, swap engine dari mesin ori small frame 50cc ke Vespa PX 200 cc merupakan cara cepat untuk meraih hasil hebat!

Apakah modifikasi cukup swap engine ke kapasitas yang lebih besar? Ow, tidak!. Liat, berbage part kompetisi yang tentunya tidak asing bagi penggemar adu balap skuter udah nemplok disana. Mari kita catet, mulai dari piston Malossi 210cc, silinder head Polini yang udah dimodip menggunakan water cooled, gear kit Pinasco, reed valve Malossi dengan dipadu karbu Keihin kotak 28 MM sebage pengolah debet bahan bakar ke ruang bakar, lantas ada gas spontan Magura, sampai yang terakhir pelepas gas buang bermerk Gianelli Sports udah menempel sempurna.

Sedang modip untuk urusan kaki-kaki juga ndak bisa dikatakan enteng. Performen shock Bitobo khusus skuter Lambreta yang udah dimodif biar bisa masuk dibagian buritan skuter ini, udah dipasangkan. Sedang bagian haluan, sebage tandem kaki-kaki depan, shock tunggal ala skuter old skool diganti make shock teleskopic merk Sebac. Dan terakhir untuk roda, ban Michellin ring 10″ udah ngelengkapin garapan apik sang modifikator.

Kira-kira kalo ada owner small frame lokal yang punya ide ngebangun skuter layaknya skuter diatas, tentunya ni, dijalan akan banyak ‘Ababil’ tergoda buat ngasepin.

 

Demikian dari saya,

Salam.

**********************************************************

Menurut sayah, skuter diatas bener-bener brutal ala si mbak bule dibawah.

Posted in: Modifikasi Motor