Phantom 150, si chopper 2 stroke khas Honda.

Posted on 19 January 2012

54


Sudah pernah dengar tentang Honda Phantom 200? atau mungkin melihatnya langsung wara-wiri dijalanan sekitar? Bagi yang ngaku-ngaku sebagai enthusiast roda dua pasti sudah tidak asing dengan kendaraan asli rakitan APHonda Thailand tersebut. Mengusung konsep chopper yang konon katanya dari berbagai pihak, part mesin bisa tukar guling dengan komponen Honda Tiger 2000 rakitan AHM, merupakan sosok tourer yang sengaja di design sesuai karakteristik riders Asia.

Honda Phantom 200, katanya soal part mesin slow moving bisa tukar guling dengan Tiger 200 nya AHM.

Kali ini saya tidak akan membahas motor tersebut, melainkan sedikit mengupas sang prodessor dari Phantom 200. Siapa lagi kalau bukan Phantom 150.

Honda Phantom 150 aka Honda TA-150, katanya, basis mesin yang disandangnya serupa dengan NSR 150.

Dikarenakan popularitasnya dibawah sang adik, tidak banyak yang tahu bahwa motor dengan nama lain Honda TA-150 ini, siapa nyana kalau sebongkah mesin yang disandangnya menganut teknologi 2 langkah. Bisa dibayangkan bukan, kalau sebuah chopper dengan konsep touring ditandemkan bersama mesin 2 langkah? sudah jelas tenaga yang dihasilkanpun bisa dibilang tidak main-main. 37 ps @ 9.750 rpm merupakan daya yang bisa dibilang tidak jauh beda dari motor sport tulen dikelas yang sama. Benar-benar asik diajak stop and go, tapi tunggu dulu, bukankah ini chopper? jadi mungkin akan berasa dipaksakan jika diajak meliuk-liuk layaknya motor sport. Melihat sudut rake kemudi yang lebih centang dibanding motor sport, disinyalir akan memberatkan si riders untuk bermanuver zig-zag.

Walaupun nampak gahar dengan performa mesin khas 2 tak yang meledak-ledak, tapi akan sangat berat untuk diajak bermanuver zig-zag. Maklum, ini chopper.

Dulu, banyak yang bilang dan tidak sedikit tersiar kalau mesin yang bersemayam manis di Phantom 150 ini berbasis Honda NSR 150. Dilongok dari single silinder berkapasitas 149 cc (bore x stroke = 59.0 x 54.5 mm) disertai pendingin cair merupakan pembenaran pertama. Selanjutnya dilihat sekilas dari model cover blok mesin sebelah kirinya juga terliat mirip dengan kepunyaan NSR 150 RR merupakan pembenaran kedua. Sedangkan pembenaran terakhir, jika diamati mulai dari kompresi yang sebesar 6.8 : 1, jumlah percepatan sebanyak 6, serta maksimum torsi 2.74 kg-m/ 9,000 rpm, bisa dikatakan, benar juga kalau mesin yang disandang Phantom 150 memiliki gen dari NSR 150. Tapi apakah semua pembenaran itu valid? saya juga kurang tahu, hal ini dikarenakan dari pihak pabrikan atau importir umum sendiri tidak memberikan informasi langsung mengenai isu yang bergulir waktu itu.

Honda Phantom 150 aka TA-150, termasuk motor incaran para kolektor 2 strokers.

Motor yang sempat mengaspal dinegeri ini kisaran awal tahun 2000’an silam, pernah dimasukan oleh beberapa importir umum dengan harga yang luar biasa menguras kantong. Sekarang keberadaannya bisa dikatakan langka. Bahkan bagi pihak-pihak yang menggandrunginya, Phantom 150 sudah masuk kedalam list barang kolektor wajib diburu. Diburu karena ke eksklusifannya, karena eksotisnya, dan karena keantikannya.

Demikian dari saya,

Salam.

************************************

Jadi kolektor item? bisa ajah kalo memang bisa memberikan kepuasan bagi si empunya. Kalo dengan si mbak ini bagemana? wajibkah jadi incaran?πŸ˜€