Ayam jago pamungkas 2 tak dari Yamaha Thailand, New Speed MX 120.

Posted on 2 February 2012

65


Sudah hampir 1 dekade saat pertama kali diperkenalkan dipublik domestik Thailand, Yamaha JR 120 memang hanya dimodali kemolekan sebagai ayam jago konvensional tanpa teknologi hyper. Walau teknologi bebek yang satu ini biasa-biasa saja bahkan bisa dikatakan sejajar dengan motor seangkatan, seperti Suzuki Akira atau Honda Nova Tena RS misalnya. Tapi pesona JR 120 belum bisa dikatakan meredup. Buktinya…

Tepat 10 tahun semenjak peluncurannya. Pada tahun 2002 silam, Yamaha JR 120 yang sebelumnya menjalani transplantasi kulit menjadi Speed MX 120, kini mengalami minor update atau bisa dikatakan peremajaan muka biar tetap mampu bersaing dengan kompetitor yang waktu itu telah jauh melangkah dengan New Nova Dash RS 125‘nya.

Sebagai jawaban atas antusiasme pasar lokal, New Speed MX 120 lahir dengan rupa yang sebenarnya tidak melenceng jauh dari predesornya, Speed MX 120 alias Tiara 120 yang dipasarkan di Malaysia serta Indonesia.

Yamaha New Speed MX 120 bersama dengan sang Brand Ambasador, Alm. Norick Abe.

Tidak banyak perubahan pada sektor mesin, malah bisa dikatakan sejak pertama kali diproduksi masal hingga mengalami update untuk terakhir kalinya, New Speed MX 120 tetap mempertahankan konsep mesin semi tegak 120cc nya. Memang jitu langkah yang diambil oleh pihak pabrikan, jika menggunakan basis mesin lama masih bisa bertaji dengan produk tetangga kenapa harus merogoh kocek lebih dalam untuk meriset mesin baru. Kalau sudah begini, cost untuk R&D kan bisa dialihkan menggenjot kebutuhan yang lain. Untuk advertising, misalnya. Dan jika diamati, strategi semacam ini juga diterapkan oleh pabrikan Yamaha Indonesia saat-saat ini lho. Iya ndak?

Sebagai produk pamungkas dari generasi 2 tak Yamaha Thailand, New Speed MX 120 memang mempunyai prestis tersendiri untuk ditunggangi. Sayang generasi ini tidak masuk ke Indonesia.

Last. Sebagai bebek 2 langkah pamungkas berkaki jenjang dari Yamaha Thailand, New Speed MX 120 memang mempunyai cita rasa tersendiri untuk dikangkangi. Sayang, karena jebloknya raport penjualan Tiara 120 dinegeri ini beberapa waktu silam, hal itu turut mempengaruhi pihak produsen di Indonesia untuk tidak meneruskan penjualannya.

Demikian dari saya,

Salam.

********************************************

Diamati dari sudut manapun, Yamaha New Speed MX 120 memang punya cita rasa khas tersendiri. Hal itu juga berlaku dengan si mbak yang satu ini kan?😀